Gen Z Suka Self-Reward – Gen z, generasi yang kreatif dan penuh semangat, pasti tahu betul pentingnya self reward. Setelah bekerja keras atau mencapai tujuan, memberikan penghargaan pada diri sendiri itu penting banget. Tapi bagaimana cara self reward tanpa harus bikin dompet menjerit? tenang saja, ada banyak cara seru dan hemat kok untuk memanjakan diri. Penasaran apa saja keenam ide memanjakan diri ala gen z tersebut? Nah simak ulasan ini!
1. Coping Mechanism Mengatasi Stres & Tekanan
Gen z di kenal sebagai generasi yang sering mendapatkan tekanan dan merasa stres. Hal tersebut datang dari berbagai aspek, bisa dari pekerjaan, keluarga, maupun hubungan dengan sesama manusia. Untuk mengatasi tekanaan dan stres tersebut, mereka memberikan smacam reward untuk diri mereka sendiri sehingga reward tersebut menjadi dorongan positif dan penyemangat.
2. Kultur Baru
Gen z lahir di dunia yang sudah memiliki internet dan berbagai kemajuan teknologi. Cara parenting dari orang tua mereka juga kebanyakan lebih modern. Salah satu cara yang sering di gunakan oleh para orang tua untuk memotivasi anaknya adalah dengan memberikan penghargaan atas setiap capaian mereka, baik berupa pujian maupun barang.
3. Pengaruh Pop Culture
Pop culture atau budaya populer di masa sekarang banyak yang menekankan pada topik self-love dan tidak jarang pulaa, self-indulgence. Gen z sebagai generasi yang sasngat mengikuti tren dan di kenal dengan “ke-fomoan” nya membuat pesan-pesan tersebut dengan mudah dapat di terima oleh Gen Z. Terlebih lagi jika pesan-pesan tersebut berkaaitan dengan diri mereka sendiri.
4. Hadirnya Media Sosial
Selain menjadi tempat berinteraksi dan memperluas jaringan, media sosial juga menjadi sebuah alat untuk lebih menekankan pesan-pesan tentang self-love dan self-care. Contohnya, paraa influencer di Instagram. Mereka kerap kali membagikan keseharian mereka, kebiasaan merawat diri, produk-produk yang di gunakan, liburan, dan masih banyak lainnya melalui foto dan video yanag di unggah. Hal tersebut membuat gen z menjadi terdorong untuk lebih merawaat diri melakukan self-reward sebagai bentuk memvalidasi dirinya sendiri.
5. Kemudahan Akses
Hadirnya perkembangan teknologi dan informasi akan mendorong kemudahan akses pada berbagai produk dan layanan. Adanya aplikasi-aplikasi digital berbasis mobile seperti e-commerce membuat perilaku self-reward Gen Z yang suka belanja menjadi lebih mudah karena dapat di lakukan secara online. Selain itu, adanya promo-promo menarik yang di berikan oleh penjual maupun aplikasi juga meningkatkan peluang Gen Z untuk melakukan self-reward.
6. Implusivitas Tinggi
Hidup di era konsumen yang kuat menjadi Gen z memiliki impulsivitas yang tinggi. Sikap implusif tersebut juga di dorong oleh berbagai paparan promosi dan iklan besar-besaran produk sehingga membuat mereka tergiur dengan berbagai benefit dan keuntungan yang bisa di dapatkan.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Denim Brand Lokal untuk Dana Pelajar